Friday, June 9, 2017

Apa Itu Boneka Horta

Histori Boneka Horta
Ingin tau sekelumit mengenai boneka horta???? mari kita simak yukkk!! Boneka Wisuda Profesi

Th. 2004.
Ibu Dr. Ir. Ni Made Armini Wiendi, MSc. (Dosen Bioteknologi Tanaman, Departemen Agronomi Hortikultura, Fakultas Pertanian, IPB) ikuti kursus di Belanda. Waktu itu beliau temukan boneka rumput. Beliau sangat berkesan dengan boneka itu serta lalu membawa bonekanya ke Indonesia.
Lihat manfaat serta kekhasan boneka itu, ibu Armini lalu menyatukan sebagian orang mahasiswanya untuk meningkatkan boneka rumput semacam di Indonesia. Serta mahasiswa itu diantaranya Imam R. Izzati, Asep Rodiansah, Gigin Mardiansyah, Rachmatullah, Nurheidi Aditiani, Agustina Nugraheni serta Nisa Rakhmania. Keseluruhannya adalah mahasiswa Departemen Agrohort, IPB angkatan 39.
Lalu grup mahasiswa itu buat proposal riset serta kewirausahaan (dalam aktivitas PKM) dengan judul " Perakitan Boneka Rumput jadi media Edukasi cinta lingkungan untuk anak-anak ". Alhamdulillah proposalnya di terima dengan baik, serta lalu ke 7 mahasiswa itu memperoleh pertolongan dana sebesar Rp. 4. 750. 000, -. serta dana itu lalu dipakai untuk modal riset boneka.


Th. 2005.
Riset boneka horta diawali. Riset berjalan sepanjang 6 bln. hingga pada akhirnya prototipe boneka horta pertama di dapatkan.. yeeahh ^_^... finally...
lalu boneka horta di produksi dengan teratur serta di pasarkan ke mahasiswa-mahasiswa IPB serta pameran. Alhamdulillah, tim 7 memperoleh juara 1 di PIMNAS.

Th. 2006.
Produksi boneka horta pernah vakum karna aktivitas beberapa anggotanya.... namun masih tetap berproduksi dibantu oleh mahasiswa Horti 39, 40, 41 serta Agronomi 41.

Th. 2007.
cuma 3 orang mahasiswa yang meneruskan usaha boneka horta untuk jadikan jadi usaha profesional. Membuat CV. D'CREATE jadi wadah hukumnya.

Histori dari Boneka Horta


Satu diantara karya seni dari anak Institut Pertanian ini membawa hasil yang dapat di nikmati dengan retail. Bagaimana akhirnya?

Boneka Horta ini di buat oleh Gigin Mardiansyah seseorang lulusan dari IPB. Awal mulanya inspirasi basic dari kreativitas boneka ini yaitu dimulai dari kecintaannya pada dunia pertanian di Indonesia. Dengan menanamkan ketertarikan beberapa anak muda di Indonesia pada dunia Pertanian.

Boneka Horta ini adalah kepanjangan dari Holtikultura yang memiliki arti dari bhs latin yakni Hortus yang bermakna tanaman kebun serta cultura yang bermakna yaitu budidaya, yang mempunyai arti keseluruhannya yaitu membudidaya tanaman kebun. Serta tersebut inspirasi basic dari boneka Horta.

Dengan produksi Boneka Horta ini di buat memakai serbuk gergaji, Stoking serta benih rumput dari Amerika. Kekhasan dari boneka ini yaitu mempunyai sisi benih rumput yang bisa tumbuh. Umumnya dianalogikan seperti rambut. Jadi saat tumbuh dapat dicukur oleh pemiliknya. Seakan tumbuh jadi boneka ini mempunyai kekhasan sendiri.

Boneka ini mempunyai bentuk ambil dari analogi binatang umumnya. Dari mulai Panda, kura-kura, sapi dsb. Dengan mempunyai bentuk yang lucu market share dari product ini tidak cuma anak-anak saja, saat ini disukai oleh remaja bahkan juga mahasiswa.


Saat ini mungkin saja om Gigin telah dapat tenang karna pesan yang menginginkan di sampaikan telah bisa tersampaikan.

No comments:

Post a Comment