Saturday, June 17, 2017

Histori Misterius Di balik Cerita Pinokio

Histori Misterius Di balik Cerita Pinokio

Kisah boneka kayu Pinokio (Pinocchio) yang di buat oleh Boneka Wisuda seseorang tukang kayu di Florensia mungkin saja yaitu cerita anak yang paling di kenal di semua dunia.

Riset paling baru membuka kalau cerita yang ditulis oleh Carlo Collodi 130 th. lantas pada 7 Juli 1881 mempunyai akar yang kuat dengan dunia riil.

Menurut Alessandro Vegni, seseorang pakar computer, yang memperbandingkan cerita itu dengan peta histori, cerita Pinokio berseting di desa Tuscan di San Miniato Basso, yang terdapat di pertengahan pada Pisa serta Florensia. Nama asli desa itu sesungguhnya yaitu " Pinocchio. "

Cerita Geppetto serta boneka kayu pinusnya, di buat berseri dalam majalah anak-anak Italia dengan judul La Storia di un Burattino (Cerita Seseorang Marionette) pada th. 1881, serta lalu dirubah jadi buku dua th. lalu yang di beri judul " Petualangan Pinokio. "


Diakui jadi buku ke-2, sesudah Injil, yang paling awal ditranslate ke bhs beda, novel itu memberikan inspirasi beberapa ratus edisi barunya, drama panggung, pernak-pernik serta film seperti film animasi Disney.

Tetapi bebrapa detail paling baru tentang kota Florentina dalam cerita itu mengungkap detail baru yang menkajubkan mengenai karya ikonik itu.

" Nama desa itu (San Miniato Basso) yang saat ini diberi pada th. 1924, " ungkap Vegni.

" Kami tahu dari rekaman histori kalau desa itu aslinya 'Pinocchio, ' peluang diberi nama seperti nama sungai yang ada di dekat desa itu. "

Collodi pastinya tahu desa itu. Ayahnya, seseorang koki populer, hidup di dekat desa itu sepanjang satu tahun lebih. Pada th. 1825, satu tahun sebelumnya kelahiran Carlo, ayahnya geser dari lokasi Pinocchio ke Florensi untuk bekerja untuk Marquis Lorenzo Ginori Lisci.

Vegni yakin kalau Collodi tidak cuma berkunjung ke San Miniato, namun juga berjumpa sebagian orang di sana serta begitu mungkin saja ia memakai beberapa orang itu untuk memberikan inspirasi karakter-karakternya.

" Waktu Geppetto menamakan bonekanya, ia berkata kalau ia paham semua keluarga Pinocchio : bapak Pinocchio, ibu Pinocchio, serta anak-anak Pinocchio. Masyarakat asli San Miniato dimaksud Pinocchi atau Pinocchini. "

Diawali dari San Miniato, riset Vegni tunjukkan beberapa persamaan dengan cerita Collodi.

Ada " casa Il Grillo " (Tempat tinggal Jangkrik), satu bangunan pedesaan yang namanya mungkin saja mengacu pada Jangkring Yang Bicara serta desa Osteria Bianca (Penginapan Putih) di mana pubnya masih tetap ada yang Vegni yakin memberikan inspirasi Penginapan Udang Merah dalam narasi.

Yang menarik, si Ubah serta Kucing yang berjumpa dengan Pinokio kelihatannya terkait dengan dua sisi dalam peta : Rio delle Volpi (Sungai Ubah) serta dua tempat tinggal yang dimaksud " Rigatti " (datang dari kata " gatti " yang bermakna kucing-kucing).

Tidak jauh dari situ, desa La Lisca (Tulang Ikan) mungkin saja memberikan inspirasi alur cerita Pinokio yang ditelan oleh ikan paus.

Yang tentu, beberapa nama tempat itu memainkan peranan saat penulis Pinokio pilih nama penanya.

Teralhir dengan nama Carlo Lorenzini, sang penulis memakai nama Carlo Collodi seperti nama kampung halaman ibunya, Collodi, dekat Pistoia di Tuscany.

Tetapi tidak kebanyakan orang sepakat dengan klaim Vegni ini. 

No comments:

Post a Comment