Friday, June 9, 2017

Sejarah Boneka Horta

Histori Boneka Horta
Kerajinan tangan boneka lucu ini adalah product asli anak bangsa yang dulu diprakrasai oleh 2 orang mahasiswa IPB yakni Gigin serta Nisa. Arti dari nama Boneka Hortamerupakan kependekan dari “hortikultura”. Boneka Horta ini pas jadi satu diantara alternatif baru mainan anak-anak untuk pendidikan, melatih kreativitas dan imajinasi. Bila rumput sudah tumbuh sangat tinggi, anak-anak bisa memotong rumput sesuai sama style serta hasrat. Boneka yang bisa menumbuhkan rambut dari rumput ini adalah product boneka ramah lingkungan sarat bakal edukasi. Souvenir Wisuda

Boneka Horta adalah hasil inovasi pertama di Indonesia yang di buat dengan masal dengan memadukan elemen permainan serta elemen edukasi yang bertopik tanaman. Sebagian penghargaan sudah kami terima seperti penghargaan dari MURI jadi boneka mendidik dari tanaman serta finalis dari Wiraswasta Muda Mandiri. Sudah pasti hal semacam ini tidak menyurutkan kami untuk selalu berinovasi serta berkembang lebih jauh lagi untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Boneka Horta ini mempunyai bentuk yang beragam macam umumnya lebih mirip bentuk binatang seperti Monyet, Sapi, Panda serta Babi. Boneka yang dapat jadikan souvenir ini mempunyai tempat tumbuh rumput yang umumnya ada di punggung atau sisi kepala. Pengembangan nantinya kami bakal buat semakin banyak macam bentuk boneka yang unik serta menarik. Sebagian bentuk unik yang umum dipesan untuk souvenir yaitu type boneka horta etnik yang mempunyai bentuk seperti sepasang kekasih dengan baju kebiasaan.

Terkecuali memiliki bentuk yang unik Boneka Horta begitu pas untuk :
Hadiah lagi th. sikecil atau mungkin saja hadiah lagi th. kekasih terkasih lewat cara ditumbuhkan terutama dahulu
Souvenir pernikahan, kantor, acara – acara.
Hiasan memperindah ruang di kantor atau toko anda.
Boneka lucu dapat sebagais fasilitas mengenalkan kerajinan tangan Indonesia
Untuk yang hobby pada tanaman hias bisa menyalurkan hobby-nya dengan menjaga Boneka Horta.
Alat edukasi disekolah atau di rumah (jadi alat disiplin, cinta lingkungan, serta kasih sayang)


Ingin tau sekelumit mengenai boneka horta???? mari kita simak yukkk ^_^...
Th. 2004.
Ibu Dr. Ir. Ni Made Armini Wiendi, MSc. (Dosen Bioteknologi Tanaman, Departemen Agronomi Hortikultura, Fakultas Pertanian, IPB) ikuti kursus di Belanda. Waktu itu beliau temukan boneka rumput. Beliau sangat berkesan dengan boneka itu serta lalu membawa bonekanya ke Indonesia.
Lihat manfaat serta kekhasan boneka itu, ibu Armini lalu menyatukan 7 orang mahasiswanya untuk meningkatkan boneka rumput semacam di Indonesia. Ke 7 mahasiswa itu yaitu Imam R. Izzati, Asep Rodiansah, Gigin Mardiansyah, Rachmatullah, Nurheidi Aditiani, Agustina Nugraheni serta Nisa Rakhmania. Keseluruhannya adalah mahasiswa Departemen Agrohort, IPB angkatan 39.

Ke 7 mahasiswa itu, lalu buat proposal riset serta kewirausahaan (dalam aktivitas PKM) dengan judul " Perakitan Boneka Rumput jadi media Edukasi cinta lingkungan untuk anak-anak ". Alhamdulillah proposalnya di terima dengan baik, serta lalu ke 7 mahasiswa itu memperoleh pertolongan dana sebesar Rp. 4. 750. 000, -. serta dana itu lalu dipakai untuk modal riset boneka. 

No comments:

Post a Comment