Monday, June 12, 2017

Tutorial Membuat Rambut Boneka

Tutorial Membuat Rambut Boneka

Sebagian bln. lantas saya pernah melemparkan pertanyaan mengenai bagaimana langkah buat rambut boneka agar rambutnya keliatan tidak tipis serta rapi di komunitas Indonesian Crafter. Dari sebagian jawaban tutorial, satu diantara tutorial yang cukup gampang untuk dicoba yaitu dari link yang diberi mbak Kiki Emeralda (maap saya lupa alamat linknya, Boneka Wisuda Profesi

Kebetulan karna memang lagi ingin nyoba buat rag doll, serta dari buku ttg rag doll yang saya miliki tutorial mengenai buat rambutnya jadul banget (maklum buku vintage -_-), rambut rag doll saya jadi bebrapa tidak sering n rada pitak gitu.

 

pitak nih, huhu kasian kan.
bagaimana tutorialnya ampe jadi kaya gini gak usah diceritain ya -_-
Sesudah agak lamaaaaaaaaa gitu pada akhirnya miliki saat untuk nyoba tutorial beneran yang jika dirasa2 memang akan sukses gitu : 3 siapin saja :

1. sepotong papan/buku/karton dengan panjang/lebar sesuai sama panjang rambut boneka yang kamu butuhkan
2. benang wol atau benang rajut seperlunya
3. gunting
4. selotip kertas
5. kertas bekas
6. mesin jahit, atau jarum serta benang jahit juga bisa

Eh berharap diingat lho, tutorial ini cuma untuk rambut bonekanya : D Yukmari!


Pertama, ukur lingkar kepala selama belahan rambut bonekamu.
Punyaku ini 11 cm.


di kertas sisa, gambar garis bantu selama ukuran tadi.
ukuranku tadi 11cm, namun saya lebihkan sedikit jadi 12 cm agar lebih gondrong x)


Berulang-kali, lilitkan benang wol/rajut yang ingin kamu menjadikan rambut.
saya gunakan benang yang agak tidak tebal agar rambutnya keliatan lebat.
karna tak ada karton saya pakai undangan anang-syahrini yang agak tebel ini,
kebetulan panjangnya juga cocok. Ngelilitnya janganlah kenceng2, agar kelak nggak
susah nyelipin gunting cocok ingin motong. Oya, lilitannya agak melebar, lebarnya sesuai
dengan panjang ukuran yang tadi di buat (12cm)


Sesudah lilitan di rasa cukup, gunting satu diantara sisinya.
Hati-hati guntingnya, pertahankan agar bagian satunya tidak berubah.
ingin diselotip pakai selotip kertas dibagian pinggirnya juga bisa agar gak geser2. 


Sesudah digunting semuanya, bimbinglah si karton itu agar bagian satunya
(sisi lilitan rambut yang ngga digunting) dapat disejajarkan dengan
garis bantu yang kita buat tadi.


Balik pelan-pelan. Sisi ini dikerjakan agar kiri-kanan rambutnya kelak sama
panjangnya, jadi tidak usah motong2 rambut lagi nanti : D


Persis dibagian yang tadi kita garis di kertas, lekatkan isolasi kertas.
Lantas kasih lagi garis bantu di atasnya.


Jait deh ngelewatin selotip kertas + benang wol + kertas sisa.
Jait bolakbalik agar lebih kuat.
panduan : agar jarum jaitnya tetep tajem, sesudah di pakai ngejait kertas,
janganlah di pakai ngejait yang lain ya : D
saya blom nyoba jika jait tangan, tp harusnya dapat pula lho jait tangan :)


Sesudah dijahit, sobek kertasnya pelan-pelan lantas bersihkan.
Jika kurang bersih nanti di rambut keliatan ada ketombe begini, hehehe x)
Selotip kertas dapat disobek juga, umumnya saya cuma sobek beberapa saja,
karna beberapanya di pakai untuk bantu nempelin ke kepala boneka.



Ditempelin deh ke kepala boneka, dipas-pasin ama garis yang tadi. 

No comments:

Post a Comment